Selasa, 23 Februari 2010

BB 200

BB 200 - Lokomotif Tua Yang Perlu Dilestarikan

Dari beberapa sumber didapat kalau Lokomotif BB 200 termasuk lokomotif diesel kedua yang dikirim ke Indonesia pada tahun 1957, sebanyak 35 unit. Namun dikarenakan langkanya suku cadang pada tahun 2007 tersisa hanya lima unit saja! dan hanya tinggal dua unit yang berfungsi dengan baik.

Lokomotif tua yang pernah tercatat dalam sejarah Indonesia ini perlu dilestarikan mengingat kondisinya saat ini memprihatinkan dan tidak terawat. Pelestarian terhadap lokomotif tua sangat perlu mendapat apresiasi dari masyarakat jika tidak dimasa yang akan datang hanya akan tinggal sejarah bergambar tentang kejayaan lokomotif BB 200 tersebut.

Nah ini salah satu wujud apresiasi kecintaan terhadap lokomotif tua itu dengan membuat miniaturnya dengan bahan yang relatif sangat murah, kertas! Dari foto yang didapat dari beberapa situs, dicoba untuk membuat pola miniatur lokomotif BB 200 ini dengan menggunakan komputer grafis, karena saat ke Semarang tidak bertemu dengan lokomotif tersebut yang katanya ada disana, yah sayang sekali. Namun tidak mengapa, disain gambarnya akan banyak kekuranganya, lebih lagi nomor serinya belum tahu jadi harap maklum ya. Nah ini dia hasil pertama pembuatannya beserta lokomotif BB 200 asli yang diambil dari sumber http://rel-keretaapi.blogspot.com/2008/07/lokomotif-bb-200.html, gimana?